Lando

Setelah properti Star Wars dibeli oleh Disney sepertinya perhatian publik akannya mulai meningkat lagi. Walaupun Star Wars selalu merupakan bagian dari pop culture pesonanya di era millenium mulai pudar karena trilogi prekuel yang tak sebagus harapan para fans.

Toh daya tarik Star Wars kembali naik ketika Disney mengumumkan munculnya trilogi Star Wars yang baru. Ketika euforia Star Wars makin meningkat, Disney yang sangat terkenal melakukan sinergi korporat bekerjasama dengan Marvel (yang juga telah dibeli oleh Disney) untuk memproduksi komik-komik Star Wars. Dalam beberapa bulan terakhir banyak komik Star Wars yang diterbitkan baik yang berpusat pada saga utamanya (Star Wars) maupun yang berpusat pada karakter-karakter tertentu seperti Putri Leia, Darth Vader, dan banyak lainnya.

Lando 4

Salah satu karakter yang mendapatkan spotlight itu adalah Lando Calrissian. Karakter Lando dalam Star Wars pertama kali muncul di Episode V: The Empire Strikes Back dan langsung merebut hati banyak pecinta Star Wars karena penampilan Billy Dee Williams yang begitu meyakinkan sebagai Lando yang merupakan playboy penipu ulung. Menyadari bahwa fanbase Lando di dunia Star Wars cukup banyak, Disney menugasi penulis Charles Soule dan artis Alex Maleev untuk menggarap mini-seri Lando.

Seperti kebanyakan komik-komik Star Wars lain yang diterbitkan Marvel setting cerita dalam Lando adalah prekuel dari sosok Lando yang kita kenal selama ini.

Dalam komik ini Lando dan rekan karibnya Lobot (karakter Lobot juga keluar di The Empire Strikes Back sebagai asisten Lando) ingin melakukan sebuah heist. Walaupun Lando sudah dikenal sebagai seorang pencuri dan sosok yang mudah berbicara manis, heist yang ia lakukan kali ini sangat berbahaya karena ia akan mencuri sesuatu milik Imperials. Kendati Lando dengan rekan-rekannya sukses melakukannya, yang tidak mereka sadari adalah kapal tersebut adalah bagian dari sesuatu yang lebih membahayakan hidup mereka.

Lando 2

Kapal tersebut milik Emperor Palpatine. Dengan begitu banyaknya rahasia Sith terletak di kapal tersebut, Palpatine mengirimkan assassin-assassin terbaiknya untuk mengejar dan menghabisi Lando, Lobot dan rekan-rekan mereka. Bisakah Lando dan kawan-kawannya meloloskan diri dari kejaran Imperials?

Walaupun komik-komik Star Wars terkenal dengan jalan cerita yang berpetualang di banyak galaksi dengan lansekap yang berbeda-beda, Charles Soule mengambil pendekatan berbeda di sini. Dalam komik ini ia mengambil fokus dan setting dalam tempat tertutup; dalam satu kapal Palpatine saja, sepanjang hampir 3/4 jalan ceritanya. Dan ini merupakan pendekatan yang berhasil. Ada kesan klaustrofobik – sesuatu yang tak saya sangka akan saya pakai untuk mendeskripsikan sesuatu dalam dunia Star Wars – dan serius dalam komik ini. Soule sepertinya mengerti benar bahwa Maleev adalah artis yang sangat baik menggambar tone-tone dark dalam komik dan ia menggunakan kemampuan Maleev secara menyeluruh di sini.

Lando 1

Maleev sebagai rekan kerja Soule juga menampilkan pekerjaan yang sangat baik di sini. Karya Maleev sudah lama saya kenal semenjak ia berkolaborasi dengan Brian Michael Bendis membentuk saga Daredevil dan kemampuannya semakin matang saja di sini. Ingat saya mengatakan bahwa 3/4 dalam jalan cerita Lando berfokus di tempat sempit dan klaustrofobik; gelap dan berbayang yang adalah titik kuat Maleev, tetapi 1/4 sisa komik ini juga memiliki lansekap planet-planet yang berbeda dan Maleev bisa menangkap tempat-tempat itu melalui goresan pensilnya.

Keberhasilan Soule lain di sini adalah menanamkan benih-benih keraguan dalam diri Lando akan jalan ceritanya selama ini. Membaca cerita ini akan membuat pembaca dan penonton kisah Star Wars mengerti kenapa Lando pada suatu hari di Episode V akan berbalik membantu Han Solo dan para Rebels. Soule mampu menggali jiwa seorang Lando dan menunjukkan bahwa di balik sosok penipu yang bermulut manis, ia memiliki hati seorang pahlawan yang tak mau meninggalkan sahabatnya dalam kesulitan. Salut untuk bromance antara Lando dan Lobot yang dilakukan dengan sangat baik dalam lima edisi komik ini.

Jadi apakah kalian harus membaca Lando atau tidak? Jawabannya tergantung. Tidak ada informasi baru dalam komik ini yang akan memperluas pengetahuan kalian akan dunia Star Wars. Bahkan koneksi Palpatine digunakan dengan minimum dalam komik ini. Toh apabila kalian suka dengan master of charm-nya dunia Star Wars, komik berkualitas ini pantang dilewatkan.

Score: B+

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s