Burnt

Tahun 2015 lalu adalah tahun yang penuh dengan naik turun bagi Bradley Cooper. Di satu sisi film American Sniper yang dia bintangi menjadi salah satu film paling laris di tahun 2014 – 2015 lalu dan membawanya sekali lagi masuk menjadi kontender aktor terbaik Oscar. Selain itu ia juga sukses meluncurkan serial Limitless yang merupakan sekuel dari film layar lebar yang ia bintangi beberapa tahun lampau. Di sisi lain film-filmnya yang lain seperti Aloha dan Burnt gagal berbicara banyak di box office, bahkan terbilang menjadi box office bomb di tahun 2015 lalu. Apakah karena kualitas film tersebut memang buruk atau sekedar karena penonton jenuh menonton Cooper di layar lebar?

Dalam film Burnt Bradley Cooper adalah Adam Jones: seorang koki muda yang berbakat tetapi menyia-nyiakan talentanya ketika ia kena obat-obatan terlarang dan berhutang dengan sana-sini. Kita tidak pernah ditunjukkan bagaimana Adam jatuh karena film ini dimulai ketika ia berusaha bangkit kembali. Ia datang ke kota London – berpisah dari Paris yang adalah tempat kerja lamanya – untuk mulai bekerja lagi. Adam bekerja sama dengan teman lamanya Tony untuk mengumpulkan kru-kru lamanya lagi. Apabila sebelumnya Adam sudah mencapai rating bintang dua Michelin, ia kali ini membidik target yang lebih tinggi: target kesempurnaan. Dan kesempurnaan itu adalah bintang tiga Michelin.

1

Bagi mereka yang tidak familiar dengan rating dunia masak-memasak, ada sebuah badan bernama Michelin. Restoran-restoran yang mendapatkan bintang dari Michelin layak untuk disebut restoran Fine Dining. Berbeda dengan restoran-restoran biasa, ini adalah restoran-restoran yang berkelas di mana bahan makanan yang dipilih adalah bahan makanan terbaik dan diolah secara optimal untuk menghadirkan rasa yang (luar biasa) enak. Tak hanya masakan saja, atmosfir dalam restoran pun harus sangat bersih dan nyaman untuk orang makan di dalamnya. Apabila memang semua hal tersebut dapat dicapai maka Michelin akan menganugerahi bintang tiga, sebuah pencapaian yang hanya didapat segelintir restoran di dunia.

Penampilan Bradley Cooper adalah jangkar dalam film Burnt ini. Sebagai Adam Jones yang sedikit bipolar Cooper bergelut dengan masa lalunya yang kelam sekaligus mencoba membangun kembali restoran dengan segala sisi perfeksionis yang ada dalam dirinya. Sungguh sayang cast pendukung lainnya tidak bisa tampil maksimal dalam mendukungnya. Di satu sisi saya merasa film ini tak cukup memberikan spotlight kepada rekan-rekan Adam yang lain dengan pengecualian Helene (Sienna Miller) dan Tony (Daniel Bruhl). Entah bagaimana chemistry dari Cooper dan Miller terasa sangat flat di film ini, jauh berbeda dengan saat keduanya tampil sebagai sepasang kekasih di American Sniper. Untungnya saja chemistry antara Cooper dan Bruhl jauh lebih baik dan merupakan highlight film ini. Bahkan bisa dibilang Tony adalah karakter paling menarik kedua di film ini setelah Adam Jones.

2

Sutradara John Wells pun kurang berpengalaman sepertinya untuk mensyuting tampilan makanan yang lezat dan meyakinkan. Apabila kalian menonton film Chef karya Jon Favreau, tampilan dalam film itu bak food porn yang membuat kalian tergiur untuk makan. Dalam Burnt penampilan makanan-makanan di sini terasa… biasa. Dan tidak mencapai standar bintang tiga Michelin yang digadang-gadangkan sepanjang film. Minus untuk koreografinya tetapi plus untuk kebolehan Wells mengarahkan betapa chaotic dan ramainya kehidupan di balik dapur untuk menyuguhkan makanan kepada kita.

Burnt adalah film yang punya potensi menyeimbangkan kehidupan sang koki utama dengan restoran yang ia jalankan tetapi walaupun semua elemen-elemen yang ada lengkap di sana, hasil yang muncul kurang optimal. Sayang sekali tetapi untuk film yang mencari kesempurnaan dunia masak-memasak, ia jauh dari sempurna.

burnt

Score: B-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s