Review Round-Up 2016 (Part 4 – Board Game)

Salah satu hobi yang jarang kureview dalam situs ini adalah Board Game. Dan itu karena komunitas pecinta Board Game di Indonesia jumlahnya relatif jauh lebih sedikit dibandingkan komunitas game, film, maupun komik. Dalam entri post kali ini saya hendak memberikan beberapa review singkat untuk Board Game-Board Game apa saja yang telah kumainkan di tahun 2016 ini.

Please note kalau saya hanya akan mereview Board Game yang telah saya mainkan paling tidak lima kali. Sebab berbeda dengan bentuk entertainment lain, Board Game bisa dimainkan dengan keliru satu dua pada awal (terutama kalau salah membaca atau menangkap peraturan yang ada). Juga perlu diperhatikan bahwa sama seperti segala bentuk entertainment lainnya, Board Game adalah masalah selera. Akan ada Board Game yang sangat enjoyable di dalam grupku tetapi bisa jadi di grup lain akan menjadi permainan yang kurang cocok untuk mereka, begitu pula sebaliknya.

Kenapa? Itu karena Board Game modern sekarang memiliki berbagai jenis mekanisme gameplay baru di dalamnya mulai dari bluffing, worker placement, card drafting, dan banyak lainnya. Oleh sebab itu jangan terburu-buru mendiskreditkan sebuah Board Game hanya karena saya (atau grupku) tidak menyukainya.

Enjoy!

1. No Thanks
Score: 7.0

Salah satu filler game yang menarik karena memakai konsep bidding (secara ringan dan harmless tentunya). Setiap permainan memakan waktu sekitar 15 – 20 menit dan bisa dibilang cocok untuk sekedar light game / gateway game di mana semua orang bisa have fun memainkannya. Paling asyik dimainkan oleh 4 sampai 5 orang. Kalian yang membenci game yang hanya mengandalkan unsur keberuntungan semata (ehem, Monopoly) tidak perlu khawatir karena sekalipun No Thanks terlihat sederhana masih perlu taktik untuk memenangkannya, baik itu dengan cara menjebak musuh memberimu lebih banyak koin maupun dengan cara mengambil kartu yang diperlukan oleh musuhmu.

2. Concept
Score: 5.0

Saya membeli Concept karena saya sangat enjoy dengan Taboo, sebuah game yang sederhana tapi sangat menghibur ketika kita memainkannya ramai-ramai. Akan tetapi Concept ternyata terlalu rumit dan terlalu abstrak untuk grup kita. Alih-alih seru saling menebak satu sama lain, yang terjadi malah sang pemberi petunjuk kesulitan memberikan petunjuk hanya dengan basis ikon sementara para penebak juga masih sulit menebak berdasarkan clue yang diberikan. Pada akhirnya, Concept menjadi sebuah permainan yang terlupakan setelah sekali dua kali dimainkan. Entahlah bila pengalaman ini bisa lebih baik bila dimainkan dalam grup yang lebih besar (atau dalam grup yang lebih kreatif dalam memberikan petunjuk). Kemungkinan akan lebih cocok dimainkan oleh mereka yang suka dengan medium visual.

3. Sushi Go
Score: 7.5

Salah satu card drafting game yang tersimple dan terbaik yang pernah saya mainkan. Kalau kalian mencari permainan yang kompleks, jelas Sushi Go tidak akan memuaskan kalian. Akan tetapi kalau kalian mencari sebuah permainan kartu yang bisa dimainkan dalam 15 – 20 menit dan mudah diajarkan kepada siapa saja (semua orang bisa menangkap aturannya dengan cepat begitu saya menjelaskannya), Sushi Go adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Oh, dan jangan lupa untuk kategori card game ia tergolong murah!

4. 7 Wonders
Score: 8.5

Kalau kalian sudah memahami sistem permainan dalam Sushi Go dan menginginkan sesuatu yang lebih kompleks dan dalam: silakan menjajal 7 Wonders. 7 Wonders adalah Board Game buatan Antoine Bauza, salah seorang designer favoritku. Bauza menggabungkan banyak elemen dalam 7 Wonders mulai dari card drafting, resource collection, sampai set collection dalam satu permainan yang menarik. Saya akui 7 Wonders memang tidak memperkenalkan mekanisme baru dalam permainannya. Toh kendati demikian, menggabungkan berbagai mekanisme permainan dalam satu paket secara harmonis adalah prestasi tersendiri.

5. Jungle Speed: Rabbids
Score: 8.0

Jungle Speed: Rabbids adalah varian lain dari Jungle Speed (selain itu ada juga Jungle Speed: Safari). Semuanya adalah permainan party berbasis ketangkasan. Kalau kalian memiliki kelompok 5 sampai 7 orang, memainkan Jungle Speed (dalam variasi apapun) adalah keharusan. Permainan ini sangat kisruh, rusuh, chaotic, tetapi ya, juga sangat fun. Saya jamin 100% kalian akan tertawa dan saling meledek ketika memainkan permainan ini!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s