Review Round-Up 2016 (Part 5 – Board Game)

1. Hanabi
Score: 6.5

Apabila kalian menyukai permainan kooperatif di mana ada banyak diskusi antara para pemain, Hanabi adalah card game yang cocok bagi kalian. Datang dalam paket kardus yang kecil (kecuali kalian membeli versi Deluxe) Hanabi memiliki dasar permainan yang simpel tetapi juga cerdas: kalian harus bekerjasama untuk membuat pentas kembang api! Akan tetapi kalau grup kalian suka sesuatu yang kompetitif, ini tidak akan cocok buat kalian. Ingat, dalam permainan kooperatif apabila kamu kalah maka seluruh timmu kalah, tetapi bila kalian menang semuanya pun menang. Kunci memenangkan Hanabi? Komunikasi dan pemberian petunjuk seefisien mungkin.

2. Kemet
Score: 9.0

Ini adalah salah satu light war game favoritku selain Blood Rage. Sama dengan Board Game tersebut, Kemet juga merupakan Board Game yang kaya dengan theme. Bila Blood Rage mengangkat tema Viking maka Kemet mengangkat tema Mesir Kuno. Kualitas produksi material miniatur yang bagus ditambah berbagai strategi yang bisa diaplikasikan untuk menguasai area menjadikan Kemet sesuatu yang selalu asyik dimainkan. Memang peraturan dalam Kemet sedikit lebih rumit dibandingkan Board Game-Board Game lain yang saya posting di sini but believe me, it’s worth to learn.

3. New York 1901
Score: 8.0

Sebuah Eurogame yang cocok bagi kalian yang suka dengan tema bangun membangun. New York 1901 menggabungkan konsep worker placement dengan area control. Kalau kalian menyukai game-game yang tidak terlalu kompleks tetapi tidak terlalu sederhana (medium-weight Board Game ala Ticket to Ride), New York 1901 akan mengisi posisi tersebut dengan sempurna. Dengan berbagai strategi yang bisa kalian pakai untuk menguasai wilayah, New York 1901 adalah sebuah Board Game dengan nilai replayability yang tinggi.

4. Tides of Time
Score: 6.5

Card Game ini hanya untuk dua orang saja dan sangat – sangat sederhana. Bahkan komponennya pun kurang dari 15 kartu. Bagaimanapun di balik kulitnya yang terlihat sederhana Tides of Time mengandung tipe permainan yang cukup dalam dan menarik. Kalau kalian menginginkan sebuah Card Game dengan mekanisme card drafting yang bisa dimainkan oleh dua orang dalam waktu singkat (maksimal 15 sampai 20 menit), Tides of Time adalah opsi yang cocok bagi kalian.

5. Takenoko
Score: 9.0

Takenoko adalah permainan yang sangat pas bagi grupku. Dalam strategi ia tidak terlalu kompleks sehingga semua orang bisa mengerti peraturannya hanya dalam 5 hingga 10 menit. Dalam komponen Takenoko memiliki kadar komponen berkualitas apik mulai dari bambu sampai miniatur panda dan gardener-nya. Terakhir play time dalam game ini berkisar antara 45 hingga 60 menit, sweet spot yang pas untuk grup kami. Dan sudahkah saya sebutkan ini adalah sebuah game tentang memberi panda peliharaan kalian makan? Panda gitu lo, who can resist their cuteness?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s