Review Round-Up 2016 (Part 6 – Board Game)

1. The Grizzled
Score: 7.0

Berbeda dengan kebanyakan Board Game lain yang saya punya, The Grizzled adalah sebuah board game yang lebih serius. Kenapa? Itu dikarenakan tema yang diangkat dalam Board Game ini adalah Perang Dunia I (The Great War). Berbeda dengan Perang Dunia II yang sudah kerap diangkat (dan kadang didramatisir), Perang Dunia yang pertama adalah sebuah perang yang lebih sedikit diekspos tetapi tidak kalah brutal dan menyedihkan. Selain itu tentu saja ada fakta menyedihkan bahwa artis dari Board Game ini: Tignous, meninggal dalam pembantaian Charlie Hebdo oleh kelompok teroris Islam radikal di Paris 2015 lalu.

Permainan ini sendiri adalah permainan kooperatif di mana empat sampai lima pemain melakoni peran sebagai tentara Perancis yang harus bertahan hidup di dalam The Great War untuk bisa pulang selamat. Ini sebuah card game yang sangat serius dan saya tidak merekomendasikannya kepada kalian yang sering bermain sambil bercanda karena mood memainkannya akan rusak.

2. Tiny Epic Galaxies
Score: 7.5

Ini sebuah permainan dalam kotak yang kecil tetapi memiliki scalability yang luar biasa. Kamu bisa bermain solo (sendiri) melawan Rogue Galaxy dan kamu juga bisa bermain dengan dua, tiga sampai empat pemain dengan nyaman (bisa sampai lima tetapi saya belum pernah menjajalnya). Tiny Epic Galaxies memiliki balance yang pas dalam unsur luck (faktor dadu) dan strategi (planet mana yang ingin kamu kuasai). Mengingat game ini hadir dalam kotak yang kecil, portabilitasnya pun sangat tinggi untuk dibawa dan dimainkan di mana saja dan kapan saja!

3. Coup
Score: 7.5

Sebuah permainan mini party game (karena cocok dimainkan sekurang-kurangnya empat sampai lima orang) yang sangat populer dua tiga tahun yang lalu. Coup adalah sebuah game bluffing dan role-playing yang sangat seru kalau kamu memainkannya dalam grup yang tepat. Apabila grupmu penuh dengan orang yang suka tuding-tudingan dan banyak cakap (all in the spirit of fun, of course) maka kalian akan selalu riuh dan tertawa dalam memainkan Coup. Ini sebuah permainan yang takkan cukup dimainkan sekali. Begitu selesai kalian akan mau memainkannya lagi just to laugh and to call your other friend’s bullshit. Di sisi lain kalau grup kalian isinya orang serius atau introvert semua… never ever bring up this game.

4. The Resistance
Score: 7.5

Di Indonesia tahun lalu, salah satu game yang tidak pernah gagal keluar di meja permainan kami adalah The Resistance: Avalon, sebuah versi lain dari permainan The Resistance. Sebenarnya kedua game ini memiliki basis permainan yang sama dengan perbedaan hanya pada kartu Merlin (kartu yang mengijinkan kamu melihat siapa saja musuhmu). Ternyata tanpa kartu Merlin, The Resistance masih saja menjadi permainan yang cukup fun. Akan tetapi sama halnya dengan Coup, ini adalah sebuah permainan yang hanya bisa dinikmati oleh grup yang terbuka, saling kenal satu sama lain, dan siap tuding menuding secara frontal.

5. Survive: Escape from Atlantis!
Score: 7.0

Probably the oldest Board Game that I own (karena saya tidak punya Monopoly). Survive: Escape from Atlantis! pertama dirilis di tahun 1982 dan fakta bahwa ia masih merupakan Board Game yang relatif populer hampir 35 tahun setelah ia dirilis adalah bukti bahwa mechanic gameplay-nya tidak lekang dimakan waktu. Konsep menaiki kapal dan kabur dari pulau yang sedikit demi sedikit tenggelam, ditambah dengan banyaknya monster laut yang berada di sekitar pulau tersebut, menjadikan Survive sebuah permainan sederhana yang mudah dimengerti dari muda sampai tua dan bisa dimainkan dalam waktu 45 – 60 menit. Sempurna untuk sesi Board Game di mana kalian tidak mau terlalu banyak berpikir and just have fun!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s