Review Round-Up 2016 (Part 8 – Board Game)

1. Onitama
Score: 7.5

Board Game duel yang sangat simpel dan bisa dimainkan oleh dua orang. Yang membuat game ini menjadi sangat menarik adalah tempo permainan yang cukup singkat (bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 15 menit) dan juga mudah diajarkan. Berbeda dengan catur yang memiliki move set yang selalu sama dari satu permainan ke permainan yang lain, Onitama memiliki move set yang berbeda dalam tiap permainan, membuat para pemain harus selalu beradaptasi setiap kali memainkannya. Cocok untuk mereka yang suka berpikir dalam bermain Board Game. Simple to learn, hard to master.

2. Boomtown
Score: 8.0

Apabila saya diminta untuk menjelaskan konsep dari Boomtown: campuran dari konsep bidding-nya No Thanks dan Dice Rolling dari Machi Koro yang hasilnya something new and unique. Apa yang menarik dari Boomtown adalah bagaimana game buatan dua Bruno (Cathala dan Faidutti) ini memiliki takaran yang pas antara strategi (dalam elemen bidding) dan push your luck (dalam elemen dice rolling). Sebuah game yang sangat fun terutama untuk 4 sampai 5 pemain. Rusuh!

3. Kanban: Automotive Revolution
Score: 7.5

Ini adalah salah satu board game paling kompleks yang pernah kumainkan. Game buatan designer Vital Lacerda ini memiliki konsep gameplay yang dalam dengan moving part yang sangat banyak di tiap-tiap divisinya. Yang membuat Board Game ini fun dan menarik untuk dimainkan berulang kali adalah betapa dalam sistem kombo di dalamnya. Kamu bisa menang dengan banyak cara, baik dari memproduksi mobil yang sedang ngetop di pasaran, meriset sparepart untuk mobil canggih, sampai menguasai voting di saat pertemuan para pemegang saham. Kompleks? Ya. Fun? Sangat!

4. Splendor
Score: 8.5

Board Game yang sederhana tetapi juga adiktif. Inti dari game ini sederhana: mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dari permata. Karena simpel, game ini bisa dijelaskan kepada siapapun dalam waktu yang singkat. Satu hal lagi yang menyenangkan dari game ini adalah komponen-komponen yang berkualitas tinggi: koin di sini seperti Poker Chip yang memberikan dia berat yang pas dan enak ketika dipegang dan diangkat. Cocok untuk dimainkan dengan berbagai crowd baik anak-anak sampai dewasa.

5. Pandemic
Score: 8.0

Saya rasa Board Game populer ini tidak perlu diperkenalkan lagi. Pandemic, di luar Ticket to Ride dan Catan, mungkin adalah Board Game paling populer di dunia (tidak, saya tidak menghitung Board Game mainstream seperti Monopoly, Uno, dan teman-temannya). Game garapan Matt Leacock ini menjadi berbeda dengan game-game lainnya karena ia (kembali) mempopulerkan mekanisme kooperasi. Dan brilian untuk tema dari Pandemic: siapa yang tidak suka dengan pitch “Hey, kalian mau menyelamatkan dunia dari infeksi virus mematikan?“. It’s practically playing the movie Contagion in Board Game.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s