Review Round-Up 2016 (Part 10 – Board Game)

1. Bang: The Dice Game
Score: 7.0

Bang yang biasa adalah salah satu Card Game mainstream yang populer. Akan tetapi setelah beberapa tahun dirilis mekanisme yang diusung oleh Bang mulai menunjukkan usianya. Akhirnya guna membuat game ini kembali menyegarkan diciptakanlah versi Dice Game dari Bang. Konsep ini tak sepenuhnya sukses. Walaupun memakai elemen-elemen yang sama dalam Bang, mekanisme dice-rolling membuat game ini terasa lebih banyak unsur luck ketimbang role guessing. Tambahan fitur panah dan dinamit semakin merusak keseimbangan gameplay. Apabila menyukai permainan dice-rolling: King of Tokyo merupakan alternatif yang lebih menarik.

2. Penny Press
Score: 7.5

Salah satu game Euro dengan tema yang menarik: menerbitkan surat kabar yang laris. Penny Press mengajakmu untuk memburu berita-berita terpanas secara efektif sehingga kamu bisa mendapatkan profit terbanyak dengan menerbitkannya. Tidak banyak Board Game mengangkat tema seperti ini (satu lainnya yang saya ingat adalah Extra! Extra!) sehingga Penny Press adalah Board Game yang menarik dimainkan kalau kamu punya mimpi menjadi editor media. Perubahan dalam permainan ini tergolong cukup banyak untuk setiap turn-nya tetapi bagi saya ini juga menjadi hal menarik yang bisa mengubah dinamika permainan untuk tiap turn.

3. Puerto Rico
Score: 8.5

I love this game. Saya tak selalu menyukai game-game Euro karena otak saya kadang sulit menangkap game dengan mekanisme gameplay yang berat, tetapi Puerto Rico adalah satu dari sedikit pengecualian. Permainan ciptaan dari Andreas Seyfarth ini sangat menyenangkan karena (ternyata) cukup sederhana tetapi sekaligus memiliki banyak elemen strategi di dalamnya. Permainan ini sangat cocok untuk kalian yang tidak ingin terlalu banyak unsur luck dalam permainanmu. Satu hal menarik lainnya dari Puerto Rico adalah walaupun di setiap turn kamu sudah tahu kurang lebih apa yang mau kamu lakukan, apa yang dilakukan oleh lawan bisa jadi memaksamu mengubah total strategimu. Ini sesuatu yang membuat Puerto Rico memiliki nilai replayability yang tinggi.

4. King of Tokyo
Score: 8.5

Suka Godzilla, Kaijuu, Monster, dan sebangsanya? King of Tokyo ini adalah anti-thesis dari Puerto Rico. Di mana Puerto Rico merupakan Board Game yang mengharuskan kamu berpikir keras dalam menentukan langkahmu supaya mendapatkan kemenangan, King of Tokyo adalah sebuah permainan Dice Rolling asal fun. Seperti yang saya katakan di atas tadi, King of Tokyo jauh lebih fun dibandingkan Bang: The Dice Game walaupun memiliki elemen yang sama. Kenapa? Karena di mana Bang: The Dice Game memiliki elemen luck yang terlalu besar, King of Tokyo lebih balance dalam hal ini sehingga kamu lebih bisa menentukan siasatmu untuk memenangkan permainan. Ya, ini masih permainan yang lebih berat di unsur Luck-nya (dan kartu memainkan peran yang terlalu kecil) tetapi unsur Fun-nya sungguh tak terbantahkan.

5. Machi Koro: Deluxe Edition
Score: 8.0

Berbeda dengan Takenoko, Tokaido, atau Hanabi yang memakai nama keJepang-Jepangan tetapi sebenarnya didesign oleh orang Eropa, Machi Koro memang adalah sebuah Board Game yang cukup dikenal di Jepang (paling tidak oleh kalangan Board Game player di sana). Permainan ini diciptakan oleh Masao Suganuma dan mengimplementasikan elemen Dice Rolling yang dicampur dengan strategy Resource Gathering. Strategi dalam Machi Koro bisa dibagi menjadi tiga cara: berfokus pada satu angka roll dadu yang memberi payoff besar, membagi semua angka roll dadu secara merata supaya mendapatkan payoff setiap kali roll dadu terjadi, atau kombinasi antara dua strategi di atas. Sama halnya dengan King of Tokyo, Machi Koro adalah game yang mengerti cara melakukan balance antara elemen luck dan strategi dalam permainan. Masih light, masih fun, tetapi jelas juga sangat riuh dan menyenangkan! Deluxe Edition hadir dengan segala ekspansi Machi Koro yang telah dirilis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s