Marvel’s Agents of S.H.I.E.L.D. Season 4 Episode 1: The Ghost

Untuk pertama kalinya semenjak season 1 serial Agents of S.H.I.E.L.D. memiliki jalan cerita yang tak melulu terkait lagi dengan layar lebar. Walaupun memperkenalkan Inhuman dengan mitologinya di layar kaca sedikit banyak serial ini masih terus memiliki keterkaitan dengan film Captain America: The Winter Soldier, terutama karena mereka kerap berurusan dengan sisa-sisa dari Hydra. Setelah Hydra benar-benar hancur dan ancaman para Inhumans pun telah berlalu karena Sokovia Accords (dari Captain America: Civil War), serial ini untuk pertama kalinya memiliki kebebasan menentukan arahnya sendiri.

Dan arah yang ditentukan cukup menarik. Season 4 ini memperkenalkan salah seorang superhero popular Marvel dalam dunia MCU: Ghost Rider. Ingat bahwa dua kali sosok ini diperankan oleh Nicolas Cage, Ghost Rider masih di bawah kontrak Sony. Hanya karena kegagalan film terakhirnya di pasaran sajalah Sony melepaskan kontrak tersebut dan mengembalikan properti Ghost Rider kepada Disney / Marvel. Tak makan waktu lama untuk memasukkan sosok ini ke dalam serial utama mereka. Yang menarik adalah pemilihan alter ego-nya. Sementara alter-ego klasik karakter ini adalah Johnny Blaze, S.H.I.E.L.D. memilih Robbie Reyes, karakter latino yang relatif lebih baru sebagai alter-ego sang Spirit of Vengeance.

Hasilnya tidak buruk. Gabriel Luna sebagai Robbie Reyes tampil sebagai sosok latino yang pendiam tetapi berbahaya. Dia tampak seperti anti-hero sebagaimana Ghost Rider seharusnya ada. Tentu saja sulit memberikan keputusan final hanya dengan melihat penampilannya di satu episode tetapi melihat Reyes berubah menjadi Ghost Rider (dengan efek full CG) terlihat sangat meyakinkan. Semoga budget ini tidak dipotong di episode-episode berikutnya.

Not using a motorcycle anymore, but a car. A BURNING CAR!
Not using a motorcycle anymore, but a car. A BURNING CAR!

Melanjutkan cerita dari season lalu, Daisy kini masih menjadi buronan karena ia belum mau kembali kepada organisasi dan kepada teman-temannya. Sementara grup lama sendiri telah terpecah belah ke bagian mereka masing-masing. Mengingat Agent Coulson tidak lagi menjadi kepala S.H.I.E.L.D. maka grup lama ini terkena banyak birokrasi-birokrasi yang tak pernah ditemui sebelumnya. Ini dikarenakan S.H.I.E.L.D. direncanakan akan keluar dari masa-masa ‘bayangan’ mereka dan menjadi organisasi legal yang diakui oleh Sokovia Accords.

Sejujurnya saya belum tahu bagaimana kedua tema ini akan berhubungan satu sama lainnya dan aspek mistik apa yang akan Ghost Rider representasikan dalam serial ini. Pun begitu saya merasa bahwa pilot season 4 ini menunjukkan bahwa Agents of S.H.I.E.L.D. sudah menjadi serial yang semakin independen untuk berdiri sendiri tanpa perlu terkait dengan film-film layar lebar MCU. Let’s roll.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s