DC’s Legends of Tomorrow Season 2 Episode 2: The Justice Society of America

Justice Society of America sebenarnya adalah tim superhero DC yang pertama – bahkan sebelum saudara mudanya Justice League of America yang lebih terkenal. Akan tetapi selama ini JSA memang kalah pamor baik oplah penjualannya di dunia komik maupun superhero-superhero yang tergabung di dalamnya. Padahal dalam layar kaca JSA sebenarnya sudah dua kali ditampilkan live action-nya. Sebelum serial Legends of Tomorrow pun mereka pernah hadir dalam season 9 dari Smallville.

Di akhir episode pertama lalu anggota JSA menghentikan para Legends meninggalkan 1942 dan diminta untuk bertanggung jawab atas keberadaan mereka di era ini. Tak lama setelah kesalahpahaman ini diselesaikan, Legends pun meninggalkan era ini… hanya untuk kembali lagi. Alasannya? Karena rupa-rupanya terjadi anomali sejarah yang membuat semua anggota JSA terbunuh dalam misi mereka. Ini tentu merepotkan untuk Nate disebabkan kakeknya juga adalah bagian dari JSA!

Di sisi intern anggota Legends sendiri terjadi krisis kepemimpinan sepeninggal Rip Hunter. Siapa yang kira-kira merupakan sosok yang pantas untuk memimpin mereka. Pilihan paling logis tentunya adalah Martin Stein yang sudah berusia paling sesepuh… tetapi silakan tonton sendiri untuk melihat siapa yang akhirnya menjadi pemimpin resmi pengganti Rip.

Secara pribadi saya sangat suka dengan episode kedua ini – walaupun saya merasa bahwa tema ini sebenarnya bisa dibagi dalam dua episode. Perkenalan anggota JSA terasa terlalu terburu-buru dan beberapa karakter rasanya tersia-siakan karena penonton tidak diberi waktu cukup untuk mengenal background karakter mereka. Apa misalnya yang penonton tahu mengenai karakter Obsidian ataupun Stargirl selain kostum dan kekuatan mereka? Andai saja kisah JSA ini dibagi menjadi dua episode maka penonton akan diberi kesempatan lebih banyak mengenali tiap-tiap mereka dan motif mengapa mereka bisa menjadi ‘pahlawan’ bagi Amerika di masa Perang Dunia.

1
Commander Steel

Terlepas dari itu fokus untuk Vixen di episode ini saya rasa sudah tepat. Tidak hanya karena sang cucu sudah pernah tampil di season sebelumnya di Arrow (jangan lupa Vixen versi Mari McCrabe juga memiliki serial animasinya sendiri yang bersetting di kota Detroit) tetapi karena dari deretan anggota JSA konon Vixen-lah yang akan didapuk untuk bergabung dalam grup Legends di petualangan-petualangan mereka mendatang nantinya.

Dengan team-upnya Damien Dahrk dan Eobard Thawne di dua episode pertama sepertinya lawan Legends kali ini bakalan lebih berat dibandingkan Vandal Savage di season lalu. Legends vs Legion (of Doom), apabila dibangun dengan baik, seharusnya bisa jadi tontonan seru di season kedua ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s