Arrow Season 5 Episode 1: Legacy

Kapan terakhir kali Arrow merupakan serial yang kompeten? Beberapa orang akan mengatakan bahwa itu terjadi saat season 2 di mana fokus Arrow adalah menghadapi Deathstroke tetapi di saat yang bersamaan juga berhasil mengekspansi dunia TV DC dengan karakter-karakter yang nantinya menjadi pilar bagi serial-serial DC baru lainnya. Bagi saya pribadi Arrow benar-benar kehilangan momentumnya memasuki pertengahan season ketiga di mana konflik menghadapi Ras Al Ghul terasa diulur-ulur dan flashback ceritanya pun mulai kehilangan greget.

Memasuki season kelima ini para pencipta Arrow mengakui kesalahan mereka untuk membuat Arrow terlalu ‘besar’ dan keluar dari elemennya. Ini termasuk dengan kemunculan elemen sihir dan Damien Dahrk musim lalu. Pada musim ini Arrow menyatakan akan kembali pada dunia gritty dan hand-to-hand combat yang brutal, sesuatu yang membuatnya sukses selama dua season pertamanya (dan ironisnya ditiru secara lebih superior oleh Daredevil-nya Marvel yang datang kemudian).

Anyway, kembali pada Arrow sendiri, akhir dari season 4 membawa perubahan berarti karena tim Arrow memutuskan untuk bubar. Laurel meninggal dunia, Diggle ingin kembali menjadi militer, sementara Thea ingin berhenti menjadi vigilante dan fokus kembali sebagai wanita biasa. Ini meninggalkan tim Arrow pada Oliver dan Felicity. Dan dengan diangkatnya Oliver menjadi walikota dari Star City, waktunya menjadi seorang vigilante otomatis terbatas.

Dari sinilah hadir ide Felicity untuk membentuk tim baru yang bisa mendukung Oliver dalam aksinya. Kebetulan beberapa vigilante memang sudah ada di Star City seperti Wild Dog, Evelyn Sharp, sampai Curtis Holt yang sekarang ingin turut berperan lebih aktif dalam melindungi Star City (omong-omong bagaimana dengan perusahaan dari Oliver ya? Apakah sudah tidak dipakai lagi sekarang?). Tentu saja mengingat Oliver tidak mudah percaya kepada orang asing, membentuk sebuah tim baru yang tak berisi kenalan dan keluarganya bukan hal yang mudah.

3231
I have failed this series!

Satu hal terakhir yang masih mengangguku dalam serial ini adalah flashback Oliver di Russia. Kendati tak seburuk flashback kali kedua Oliver dulu di Lian Yu saya tetap merasa waktu yang dialokasikan untuk flashback sebenarnya lebih baik dialokasikan saja untuk masa sekarang. Atau paling tidak, bagaimana kalau flashback tak melulu mengenai Oliver melainkan untuk karakter-karakter pendukung lain yang ingin dijadikan bagian dari tim baru Arrow?

Arrow Season 5 dibuka dengan episode yang lebih baik dari season 4 lalu tetapi masih perlu waktu lama untuk meyakinkan penonton bahwa kualitas Arrow kembali pada masa primanya. Bisakah ia melakukannya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s