Arrow Season 5 Episode 2: The Recruits

Wow. Dua episode di season 5 dan Arrow masih mempertahankan kualitas yang apik! Ini adalah kemajuan berarti bagi serial yang selama dua season terakhir sulit menjaga stabilitas kualitasnya. Dalam episode ini Oliver akhirnya setuju untuk mulai mengajari para anak-anak baru bergabung dalam pertempurannya menjaga keamanan Star City.

Bagi para pembaca komik mungkin akan menyadari kesamaan dari versi Green Arrow ini dengan Batman. Keduanya sama-sama memulai pertarungan mereka menyelamatkan kota mereka seorang diri tetapi di saat yang bersamaan perjalanan mereka membawa mereka pada keluarga yang lebih besar. Sebagaimana Batman membawa Robin, Batgirl, Batwing, dan banyak anggota-anggota baru keluarga kelelawar, seperti itu juga Oliver menginspirasi banyak vigilante lain membela Star City seperti dirinya.

s2111
Supporting Ollie in different ways

Tentu saja membentuk tim Arrow yang baru tidak mudah baik bagi Oliver maupun bagi para member baru. Perlu diingat bahwa orang-orang ini tidak seperti Thea atau Laurel yang sudah mengenal Oliver sebelum tahu dia adalah Green Arrow. Terjadi pertentangan filosofi maupun cara melawan kejahatan di kota Star City menjadi masalah antaranya. Akan tetapi untunglah episode ini masih menemukan cara untuk menjadi lucu – sesuatu yang hilang dari serial Arrow yang cukup dark di dua season sebelumnya.

Lebih penting lagi bagi Arrow adalah kualitas martial fight yang bagus. Season lalu bermasalah karena kekuatan mistis dari Damien Dahrk menyulitkan banyaknya pertarungan tangan kosong yang adalah bagian integral dari serial ini. Hilangnya sosok macam Dahrk membuat serial ini memiliki banyak setpiece aksi seru kembali. Bagus. Inilah yang membedakan Arrow dibandingkan tiga serial ‘saudara’nya (I’m including Supergirl here) yang lebih mengandalkan CG.

Prometheus selaku sosok yang digadang-gadang menjadi big bad dalam season ini belum terlalu banyak menunjukkan wajahnya dan itu adalah hal yang baik. Saya pribadi merasa bahwa seorang villain besar yang baik tak perlu terlalu sering tampil. Ia cukup tampil sesekali supaya wibawanya sebagai seorang musuh tetap terjaga. Semoga saja kali ini lawan Ollie lebih baik dibandingkan Ras Al Ghul maupun Damien Dahrk. Apakah terlalu berlebihan untuk mengharapkan lawan sememorable Deathstroke ataupun Reverse-Flash?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s