Supergirl Season 2 Episode 3: Welcome to Earth

Setelah dua episode premiere Supergirl yang kedatangan sepupu populernya dari Metropolis, kali ini Supergirl kedatangan superhero lain: Wonder Woman! Apakah ini awal dari Justice League serial kaca? Saya bercanda. Yang saya maksud dengan Wonder Woman di sini bukan Gal Gadot melainkan Lynda Carter, sang Wonder Woman dari serial TV populer dekade 70an lalu. Ini tentunya bukan pertama kalinya Lynda Carter (maupun Helen Slater) tampil di dunia DC setelah dulu keduanya pun pernah tampil di Smallville.

Dalam serial ini Lynda Carter berperan sebagai POTUS alias Presiden Amerika Serikat yang akan menghadirkan kebijakan yang kontroversial: Alien Amnesty. Peraturan baru ini menjanjikan bahwa asalkan para Alien yang bersembunyi di bumi mau mengakui diri mereka dan mendaftarkan diri pada pemerintah, maka pemerintah akan memberikan grasi kepada para Alien tersebut – dan bahkan akan membiarkan para Alien tersebut mendapatkan pengampunan dan hak penuh sebagai warga negara Amerika Serikat.

Peraturan ini tak hanya mendapatkan kontroversi pertentangan dari orang-orang Amerika (manusia) saja tetapi bahkan para Alien sendiri terpecah belah menanggapi isu ini. Sementara Supergirl langsung menerima usulan ini dengan senang hati, Martian Manhunter tak langsung senang dengannya dan lebih memilih berhati-hati. Ada lagi Alien lain yang langsung menyerang Presiden dan ingin menghabisinya! Bicara soal Alien-Alien yang ada di bumi, terjawab sudah siapa Alien yang ada di dalam pod yang datang ke bumi di finale season 1 dan dia adalah Mon-El, seorang Daxamite yang merupakan ras lawan dari para Kryptonian. Apakah dia merupakan biang keladi dari Alien yang ingin menghabisi sang Presiden?

Episode ketiga ini mengingatkanku kepada Presiden Jokowi dengan Tax Amnesty-nya. Salah satu argumen orang yang kontra dengan Alien Amnesty adalah karena mereka merasa itu hanyalah jebakan dari pemerintah Amerika saja supaya identitas Alien yang selama ini tertutupi semuanya sekarang ketahuan dan membuat mereka bisa diburu dengan mudah apabila pemerintahan sudah berganti. Tidakkah ini merupakan hal yang sama persis dengan yang kerap dilontarkan oleh orang-orang yang enggan mendaftarkan diri dalam Tax Amnesty?

434

Terlepas dari itu, episode ketiga ini juga memperkenalkan dua karakter yang sepertinya akan menjadi bagian penting dalam season ini. Di luar Mon-El kini muncul juga Maggie Sawyer yang memberi dinamika baru dalam hubungan polisi antara Alex dan dirinya. So far karakter-karakter pendukung serial ini jauh lebih bagus dibandingkan dalam season pertama di mana Peter Facinelli (ke mana sosok itu ya?) dan para kryptonian dari Fort Roz terasa sangat membosankan.

Episode ini ditutup dengan kehadiran M’gann M’orzz, seorang Martian yang di komik telah lama dikenal sebagai anggota dari Teen Titans. I guess, more girl power?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s