Luke Cage Season 1 Episode 4: Step in the Arena

Kita pertama bertemu dengan sosok Luke Cage dalam Jessica Jones sebagai seorang pria misterius yang merupakan suami dari Reva. Akan tetapi di luar itu kita tak banyak tahu mengenai masa lalu Luke Cage dan bagaimana ia menjadi sosok yang memiliki kekuatan kulit baja. Itu semua berubah dalam episode 4: Step in the Arena.

Dalam cliffhanger episode lalu, Cottonmouth menembakkan sebuah rocket launcher yang menghancurkan restoran tempat Luke Cage sedang makan. Tentu saja ini tidak berhasil membunuh Luke Cage. Dia selamat dan dalam usahanya meloloskan diri dari gedung yang menimpanya, episode ini berfokus kepada masa lalu dari sang Harlem Defender ini.

Kita bertemu dengan Luke Cage ketika ia masih menjadi manusia biasa yang dipenjara dalam Seagate. Di sana kita melihat bagaimana Luke Cage difitnah untuk kesalahan yang tidak ia lakukan (kita tidak tahu apa kesalahan itu) dan bagaimana ia memutuskan untuk menutup diri dari semua orang di sekelilingnya – termasuk Reva – karenanya. Di episode yang sama juga kita kemudian tahu bahwa Seagate memiliki rahasia yang kelam karena mereka sering bereksperimen dengan para tahanan di dalamnya… dan Reva merupakan bagian dari sistem tersebut. Singkat cerita: adalah karena eksperimen yang keliru dari tempat tersebutlah yang melahirkan Luke Cage dengan kekuatannya.

Satu jam dalam episode ini praktis dihabiskan dalam flashback dan kesemuanya merupakan sebuah origin story yang kuat bagi Luke Cage. Kita kini lebih mengerti hubungannya dengan Reva dan kenapa sosok bernama Carl Lucas ini akhirnya menjadi Luke Cage. Saya juga senang sekali dengan homage kostum dari Luke Cage di penghujung episode ini. Betul, kostum asli Luke Cage di awal ia diciptakan dulu bisa dibilang tidak cocok tampil di serial live action… it is too corny. Tapi melihat penampilannya ketika dipakai di sini oleh Mike Colter… wow! It’s like comic book page come to life!

lc-2

Episode 4 ini memang memiliki pacing lebih lambat dibandingkan dengan episode-episode sebelumnya, tetapi bukan berarti ini sekedar episode filler saja. If any, ini justru merupakan episode penting yang menunjukkan kenapa Luke Cage sangat enggan campur tangan dalam urusan-urusan hukum dan kerap berdiam diri sebelum bertemu dengan Jessica Jones dulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s