Luke Cage Season 1 Episode 5: Just to Get a Rep

Setelah episode 4 merupakan episode bertemakan flashback maka dalam episode ini kita kembali lagi ke masa kini di mana Luke Cage dan Cottonmouth kini sepenuhnya sadar dengan siapa keduanya berhadapan. Mengingat Cottonmouth toh sudah tahu siapa dirinya, Luke Cage pun tidak segan-segan secara langsung berkonfrontasi dengan dirinya.

Salah satu highlight dalam episode ini terjadi saat Luke Cage datang ke klab miliki Cottonmouth dan menghajar semua anak buahnya. Kendati kita sudah tahu bahwa Luke Cage memang memiliki kemampuan spesial, adalah sesuatu hal yang memuaskan melihat sang superhero menghajar musuh-musuhnya. Itu sesuatu yang baru dan tidak kita lihat di serial-serial Marvel Netflix sebelum ini. Ingat dalam Daredevil sang jagoan baru mulai belajar sehingga ia kerap kewalahan bertarung dengan musuh-musuhnya. Begitu juga dengan Jessica Jones yang kekuatannya tak banyak berpengaruh menghadapi Kilgrave yang bisa mengendalikan pikiran.

rep-1

Dan bicara soal serial-serial Marvel lainnya, episode ini membawa kembali Nick Fury… maksud saya Claire Temple yang diperankan oleh Rosario Dawson. Dia merupakan satu-satunya sosok yang sudah hadir dalam semua serial Netflix selama ini: dua season Daredevil dan satu season Jessica Jones. Kini Claire – yang sudah pernah bertemu dengan Luke Cage di penghujung season Jessica Jones – sudah tahu akan sosok Luke Cage. Pertemuan keduanya pastinya menarik mengingat ini merupakan bukti bahwa serial-serial Netflix ini mulai bersinggungan satu sama lain.

Satu hal yang menjadi nilai minus di mata saya adalah bagaimana hingga episode lima ini villain dalam Luke Cage belum juga bisa menjadi seikonik dan sememorable Kingpin dari Daredevil maupun Kilgrave dari Jessica Jones. Jangan salah: Cottonmouth adalah seorang villain yang menarik dan berpotensi untuk digali mendalam, begitu juga dengan Shades dan Black Mariah sebagai tokoh antagonis sekunder… tetapi kaliber ketiganya – digabungkan sekalipun – masih jauh dari dua villain yang saya sebutkan di atas. Well, masih ada delapan episode lagi jadi saya masih berharap akan pengembangan karakter mereka.

Finally dengan introduksi dari peluru miliki Hammer Industries (ingat Justin Hammer yang adalah rival dari Tony Stark di Iron Man 2?) yang konon memiliki daya destruktif mematikan, saya sangat tertarik dengan bagaimana senjata ini bisa menjadi titik lemah dari Luke Cage. Apakah ini akan menjadi ‘kryptonite‘nya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s