Supergirl Season 2 Episode 4: Survivors

Setelah memperkenalkan karakternya pada akhir episode lalu, dalam episode ini sosok M’gann alias Miss Martian kembali menjadi sorotan utama. Itu memberikan banyak materi bagi David Harewood sebagai J’onn untuk tampil di spotlight, dan mengingat aktor senior di serial ini tinggal dia sepeninggal Calista Flockhart, saya senang melihat ia mendapat lebih banyak kesempatan tampil.

Saya bisa membayangan perasaan J’onn ketika mengetahui adanya seorang sosok Martian lain di bumi. Perasaannya tentu campur aduk. Ini tentunya sangat berbeda dengan Kara sebagai Supergirl. Ya, Supergirl juga seorang survivor dari planet Krypton tapi ia tahu bahwa selain dirinya masih ada Superman – belum lagi dengan tawanan-tawanan lain dari Fort Rozz. Singkat kata: Kryptonian memang ras yang terancam kelangsungan hidupnya, tapi Kara tidak sendiri. J’onn berbeda sebab ia satu-satunya Green Martian yang tersisa dari bangsanya.

Oleh karena itu melihat M’gann ternyata malahan ikut dalam sebuah underground Alien fight club tentu meremukkan hati J’onn karena pada dasarnya Martian adalah ras yang cinta damai. Bicara soal Alien fight club sendiri, ini adalah sebuah ekspansi menarik dari ide Alien sebagai penduduk National City (dan Amerika) dari episode-episode lalu. Masalah ini pernah sedikit disinggung di season pertama ketika J’onn mengatakan tidak semua Alien seberuntung Kara dan Clark karena berwujud serupa dengan manusia… dan di sini terlihat bagaimana kehidupan mereka bisa sangat menyedihkan. Sebuah alegori tentang kasus refugee di dunia nyata saat ini?

Terlepas dari beberapa topik berat yang diangkat di episode ini, serial ini tak lupa bersenang-senang sedikit dengan tandem dari Winn dan Mon-El. Keduanya dengan cepat membangun hubungan persahabatan (bromance!) dan semoga tema ini terus dieksplorasi di episode-episode mendatang supaya Winn punya hal lain untuk dia lakukan selain menjadi ‘Cisco’nya serial ini.

s2

Dengan fokus pada karakter-karakter pendamping (termasuk hubungan Alex dengan Maggie yang terus dikembangkan) sepertinya Kara sedikit tersisihkan di pekan ini. Pun begitu saya senang melihat serial ini menemukan waktu untuk kembali memasukkan hologram Alura (Laura Benanti) dalam serial ini. Saya nyaris melupakan keberadaan hologram tersebut. Satu lagi yang saya suka adalah momen-momen di akhir episode ini di mana Kara menunjukkan niatnya untuk melatih Mon-El, sebuah penebus karena ia tak pernah mendapatkan kesempatan melatih Kal-El dulu. Momen-momen kecil seperti ini menunjukkan sifat kasih dalam diri Kara.

Satu-satunya karakter yang tak mendapatkan kesempatan tampil di episode ini hanyalah James Olsen yang sejujurnya menjadi karakter paling kurang menarik sampai saat ini. Akan tetapi membaca sinopsis episode berikutnya, sepertinya tak lama sampai Olsen kembali dimajukan ke spotlightlet’s see!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s