Arrow Season 5 Episode 5: Human Target

Dalam Season 4 Episode 5 tahun lalu Arrow memperkenalkan guest star Constantine di dunia DC TV. Tahun ini episode kelima kedatangan Human Target alias Christopher Chance. Bagi yang jeli dengan judul Human Target mungkin akan ingat bahwa ada serial DC yang dulu pernah muncul di tahun 2010 – 2011 lalu. It’s the very same Christopher Chance yang kali ini diperankan oleh Wil Traval. Here’s an interesting fact: Wil Traval sebelum bermain sebagai Christopher Chance berperan sebagai sosok Nuke dalam serial Jessica Jones di Netflix. Ini kali kedua sosok dari dunia MCU berpindah ke serial DC TV setelah Neil McDonough sebagai Dum Dum Dugan berubah menjadi Damien Dahrk.

Episode ini sendiri merupakan episode terakhir di mana Tobias Church menjadi lawan bagi Arrow dan kawan-kawannya. He has been an interesting early foe. Apabila ditilik dari narasinya Tobias Church memang lawan yang diperlukan untuk menyatukan grup Ollie yang baru ini. Ia adalah seorang lawan yang tangguh tetapi tidak sampai sangat tangguh hingga kaliber Deathstroke ataupun Ras Al Ghul dari season-season sebelumnya. Saya termasuk orang yang menyayangkan bahwa Tobias Church harus ‘dihabisi’ di episode ini sebab ia masih punya potensi tampil dalam guest role di episode-episode mendatang.

Episode ini akhirnya mulai memasukkan unsur kehidupan Ollie dalam dunia politik – dan itu dilakukan dengan sangat baik. Ollie harus menangani dua perkara pelik yang menganggu kinerja administrasinya di sini: pertama adalah voting untuk membangun perumahan murah bagi rakyat miskin dan yang kedua adalah menghindari kritik dari wartawan yang tak mempercayai dirinya. Tentu saja twist mengenai orang mulai tahu bahwa Ollie tidak sekedar terdampar di Lian Yu selama lima tahun adalah hal yang menarik untuk bahan konflik di episode-episode mendatang.

Kehadiran Diggle kembali di tim Arrow membawa dinamika baru karena tugas menjadi mentor tak hanya ada di punggung Ollie semata. Diggle dan Wild Dog (Rene) memiliki raport yang bagus ketika mereka dipadukan di episode ini yang membuat saya bertanya-tanya: di antara anggota-anggota baru tim Ollie tinggal Artemis saja yang belum mendapat spotlight banyak. Saya benar-benar berharap bahwa ia akan diberi character arc setelah episode ini. Evelyn Sharp deserves it!

aaaarrrqqq1111
Aren’t you from Marvel?

Kendati serial ini kembali pada nuansa yang gritty, senang melihat ia tidak lupa melempar candaan. Sudah lama rasanya saya tidak tertawa terbahak-bahak menonton Arrow – but that’s what I did ketika Felicity memakai topeng sang Human Target lantas meniru-niru kata Ollie “You have failed this city!“. Benar-benar kocak, terutama melihat wajah Ollie yang bengong diperlakukan seperti itu. Aksi koreografi di episode ini pun bagus terutama di klimaks episode saat sang Green Arrow bertarung satu lawan satu dengan Tobias Church.

Dengan hilangnya Tobias Church dari cerita, ini saatnya Prometheus masuk dalam spotlight. Saya berharap momentum Arrow yang selama ini sudah terjaga dengan rapi akan terus dipertahankan dengan introduksi musuh baru ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s