DC’s Legend of Tomorrow Season 2 Episode 4: Abomination

Perang Saudara Amerika yang berisi zombie! Wow. Apa ya yang ada di benak para penulis Legend of Tomorrow sampai bisa menggagas ide seperti ini? Saya pikir antara dua: mungkin mereka sering membaca Abraham Lincoln: Vampire Hunter atau membaca Marvel Civil War dan Marvel Zombies adalah dua komik Marvel yang paling laris lantas memutuskan melakukan mash-up antara keduanya.

Anyway ini adalah sebuah episode lagi di mana para anggota Legends berkelana tanpa juntrungan. Sebuah pesan SOS membawa mereka ke abad 18 ketika Amerika tengah dipenuhi dengan Perang Saudara. Perang Saudara antara dua pasukan Amerika ini mendadak berubah total dari sejarah disebabkan karena unsur X: unsur Zombie. Para Undead yang muncul ini membuat anggota Legend harus turun tangan untuk menghentikan mereka.

Sekali lagi episode ini menemukan cara yang cerdas untuk membagi tim Legend supaya masing-masing mendapatkan jalan cerita mereka sendiri-sendiri. Ray dan Martin tinggal di kapal untuk menolong Mick yang ikut terjangkit penyakit virus zombie. Sara dan Nate terjun langsung ke lapangan untuk membantu para tentara Amerika yang masih manusia bertahan hidup menghadapi para tentara Undead. Dan terakhir sekaligus kisah yang paling menarik adalah Jefferson serta Amaya yang harus menyusup sebagai ‘budak negro’.

sddddd

Untuk sebuah tontonan film superhero, saya salut dengan keberanian penulis naskah film ini mengangkat topik perbudakan secara terang-terangan. Ini bukan film 12 Years a Slave yang pangsa pasarnya adalah orang dewasa – oleh karena itu saya menghargai keberanian mereka menampilkan unsur rasisme di masa lalu. Saya juga suka pelajaran moral yang dipetik oleh Jefferson di akhir episode ini: mengenai spirit manusia yang tidak pernah hancur walau mendapatkan tekanan apapun selama mereka tidak membiarkannya hancur.

Terlepas dari itu episode ini menyuguhkan tontonan pelepas waktu yang menarik. Makeup Zombie di sini tentu tidak sampai sekaliber The Walking Dead tapi tetap cukup mengerikan dan seru ditonton. Pun dengan rusaknya armor Atom Ray Palmer dan terpisahnya duet Jefferson dan Martin tim Legend terbilang tidak super kuat sampai bisa menangani dan menghancurkan para Zombie sendirian saja.

Setelah dua episode memberi detour para Legends ke era yang berbeda-beda saya penasaran apakah episode berikutnya akan mulai memasukkan konflik sentral di season ini? Dan peringatan Barry Allen mengenai perang besar yang akan terjadi… apakah itu perang besar dalam crossover empat serial Arrowverse nanti atau suatu perang besar lain yang harus dihadapi oleh para Legend di penghujung season kedua? Are we talking the Rann-Thanagar War here?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s