Marvel’s Agent of S.H.I.E.L.D. Season 4 Episode 6: The Good Samaritan

Memasuki episode keenam season ini S.H.I.E.L.D. tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. The Good Samaritan adalah episode yang menunjukkan bagaimana Robbie Reyes mendapatkan kekuatannya sebagai Ghost Rider. Kisah origin dari Robbie sendiri terbilang sangat simple tetapi disampaikan dengan efektif. Mobil yang dipakai oleh Robbie untuk berbalap ternyata diserang dan menyebabkan Robbie dan adiknya Gabe terkena kecelakaan.

Semenjak awal kita selalu menyangka bahwa Robbie membuat perjanjian dengan iblis untuk menjadi Ghost Rider. Itu… tidak sepenuhnya tepat. Rupa-rupanya di saat Robbie tengah terkapar meregang nyawa, yang memberikan kekuatan Ghost Rider kepada Robbie adalah… Ghost Rider yang lain?! Saya tahu bahwa saat Ghost Rider dalam serial ini disebutkan adalah Robbie Reyes dan bukan Johnny Blaze yang lebih terkenal (dan sudah difilmkan oleh Nicolas Cage) banyak penonton kecewa. Akan tetapi inklusi dari seorang Ghost Rider lain di sini menunjukkan bahwa bisa jadi dalam dunia MCU nanti Johnny Blaze akan tetap diperkenalkan.

Twist lain yang lebih besar adalah fakta bahwa Eli, paman dari Robbie dan Gabe, ternyata adalah villain sesungguhnya dalam cerita ini. Dialah yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dalam riset lab yang mengubah para ilmuwannya menjadi ‘hantu’. Twist ini cukup terjaga dengan baik sampai pada akhir episode. Ya, para pembaca komik mungkin sudah tahu sifat sesungguhnya dari Eli tetapi mereka yang non-pembaca komik akan bertanya-tanya mengenai baik tidaknya Eli sampai twist tersebut ditunjukkan.

CLARK GREGG, JASON O'MARA
Is that guy’s head on fire?

Episode ini juga menjadi episode di mana Jeffrey langsung mengkonfrontasi Phil akan keberaniannya ‘menipu’ S.H.I.E.L.D. dan… saya sebenarnya berpihak pada Jeffrey di sini. Benar ataupun salah tindakan Phil, yang ia lakukan adalah lancang dan terang-terangan melangkahi wewenangnya sebagai agen lapangan. Saya merasa sudut cerita tarik ulur kekuasaan antara mantan pemimpin dan pemimpin yang sekarang adalah sumber konflik menarik yang bisa digali ke depannya.

Untuk kalian yang kehilangan serial Agent Carter yang dicancel oleh stasiun ABC, episode ini memuat sebuah kaitan tentangnya berkenaan dengan apa sesungguhnya buku Darkhold itu. Konon ini juga merupakan serial yang memiliki jalan cerita yang berkaitan dengan Doctor Strange – kendati setelah menontonnya saya tidak tahu Easter Egg apa yang menghubungkan keduanya… mungkinkah ada pembaca yang lebih jeli mengkoneksikannya? Yang jelas dengan adanya Doctor Strange di layar lebar dan Ghost Rider di layar kaca, tahun ini adalah tahun Marvel sepenuhnya meng-embrace konsep magic dalam dunianya. It’s been a long road since they first introduced Iron Man in 2008, huh?

Advertisements

One thought on “Marvel’s Agent of S.H.I.E.L.D. Season 4 Episode 6: The Good Samaritan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s