Arrow Season 5 Episode 6: So It Begins

So It Begins adalah episode pertama Arrow di mana ancaman Prometheus menjadi sesuatu yang lebih riil. Tobias Church sudah tewas tetapi aksi teror dari Prometheus tidak berhenti sampai di sana. Ia mulai bergerak dan secara acak membunuh penduduk-penduduk di Star City secara brutal. Itu membuat para penduduk di Star City menjadi panik dan kepanikan yang melanda seantero kota membuat Ollie dan grup team Arrow harus bekerja lebih keras menjaga keamanan.

Saya sudah menyebut dari beberapa episode kemarin bahwa Evelyn Sharp alias Artemis tidak mendapatkan kesempatan untuk tampil di serial ini dan untunglah hal tersebut disadari juga oleh tim penulis Arrow. Pada episode kali ini Evelyn diberi kesempatan untuk tampil di spotlight setelah masa lalu Arrow terkuak. Rupa-rupanya korban yang dibunuh Prometheus bukan sekedar orang-orang biasa semata – melainkan orang yang namanya merupakan anagram dari korban-korban Ollie di season pertama. Masih ingat ketika Ollie alias The Hood mengancam semua orang sambil berteriak “You have failed this city?!” ? Di antara semua bawahan-bawahan team Arrow yang baru, adalah Evelyn yang paling kecewa menyadari bahwa sang idola ternyata tidak seperti yang diharapkannya.

arrrrr

Saya suka bagaimana season kelima Arrow ini memberikan fokus yang jelas kepada karakter-karakter yang ada. Diggle dan Felicity dalam episode ini menjadi support bagi Ollie ketika Ollie mempertanyakan mengenai apakah ia sudah menjadi panutan yang baik atau belum bagi para bawahan-bawahannya. Dialog antara Ollie dan Diggle mengenai bagaimana Ollie sekarang sudah berubah menjadi pria yang lebih baik dibandingkan dirinya dulu menjadi highlight di episode ini. Di sisi lain saya juga suka bagaimana anggota junior tim Arrow kadang suka ngumpul satu sama lain, kita perlu lebih banyak adegan seperti ini untuk memperkuat persahabatan dan intimasi keempatnya. Baik mau diakui atau tidak keempat orang baru ini akan selalu dianggap sebagai junior dari Ollie, Diggle, dan Felicity.

Di luar tim Arrow sendiri serial ini juga tidak lupa berfokus pada kehidupan politik Ollie yang banyak dibantu oleh Thea dan Quentin. Untuk Quentin yang jatuh pada minum dan mabuk-mabukan untuk kesekian kalinya – bisakah menyalahkan dirinya? Walaupun Sara hidup (dan menjelajah waktu) tetapi pukulan mendapati kedua anaknya mati sampai TIGA kali (dua kali Sara dan sekali lagi Laurel) adalah pukulan yang sulit dibayangkan, jadi jatuh kembali menjadi alkoholik adalah hal yang bisa saya ‘maafkan’. Lagipula penghujung episode ini sepertinya membawa Quentin ke arah yang… menarik.

Terakhir adalah flashback Ollie yang mendadak mendapatkan charge dengan kehadiran Ivan Drago. Oh yes guys, Dolph Lundgren is here. Dengan monolog badass-nya di penghujung episode, sepertinya Kovar justru menjadi sosok yang lebih memorable dibandingkan siapapun yang ada di balik topeng Prometheus! Kudos untuk tim penulis Arrow yang tahu mereka harus go big untuk flashback di tahun terakhir Ollie!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s